vendredi 18 décembre 2009

C'est Paris : Musim dingin di Paris

Biasanya musim dingin di Paris tuh ga gitu dingin (dibanding New York, misalnya). Tapi tahun ini, bulan december pun udah bersalju (salju jarang di Paris sebenarnya, paling sekali setiap winter, di bulan january). Gue heran2 geli deh kalau lihat supir2 Paris pas lagi snow itu!
Wah, biasanya ada panik besar biarpun salju hanya beberapa cm aja...kecelakaan2 di autoroutes (jalan raya bebas hambat), dan di dalam kota naik bis jadi sebel karena si supir akan jalan kaya semut tua merayap pelan2 biarpun jalan terbuka leber. Ga biasa kali ya, soalnya dulu waktu gue tinggal di New York state, snow tuh tiap hari dan buanyak banget...ya kita tenang2 aja deh...kadang emang susah tapi kita yakin pasti di bersihin dan ga bahaya.

Di Paris, kalau snow nya mencair terus membeku jadi es, wah kacau tuh jalan di trottoir nya. Jadi slip sliding away dong...tisoledat kaya orang mabuk! Di trottoir kita jadi harus pilih pilih dimana naruh kaki (di spot yang ga ada es nya)...Dan seperti di New York, salju cepet jadi item kecampur apa deh dan ga beautiful lagi ...
Tapi waktu salju turun, wah Paris indah banget....Gedung2, mobil2 dan pohon2 yang tertutup salju dan memang suara brisik kota tuh kok aga kurang rasanya kalo salju sedang turun. Gue sengaja bangun terus keluar bawa camera pas turun saljunya sebelum orang2 panik dan sebelum salju kena polusi.
Temperature sekarang emang rendah banget (tapi normal, kita kan musim dingin nih sekarang). Minggu lalu aja temperature di atas rata2, eh tiba2 jadi -6 minimumnya dan hanya -2 maximumnya (siang hari tuh). Diem di rumah yang di panasin sih enak, sambil lihat pemandangan Paris dislimuti salju...tapi kan gue harus kerja...yay, keluar dengan mantel yang gede banget, sweater wool yang tebel (dan kadang gatel lol), kaus kaki tebel dan masih merasa dingin.

Apalagi sekarang di Paris kita tuh ga boleh merokok di café2 dan restaurant, berenti di café mo manasin diri pun ga sreg deh...abis kopi tanpa cigarette di sebuah Café rasanya bukan Paris deh...
Ah, memang, suka inget Paris jaman dulu, café2nya yang penuh asap dan penuh orang yang sedang berdebat....sekarang ga gitu lagi...
Lagi nostalgi gitu, eh gue lihat seseorang yang mau naik sepeda biarpun snow sedang turun dan jalanan penuh salju....nah, in Paris...penuh dengan orang2 yang ga logique deh lol !

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire