samedi 28 novembre 2009

Paris : Orientasi dan transport dalam kota

Orang bilang bahwa Paris adalah kota tercantik di dunia....memang, Paris adalah kota yang menarik paling banyak turis sedunia...dan memang Paris cantik....avenue Champs Elysées terkenal di ma na2 (walaupun orang Paris sendiri lebih suka daerah lain daripada Champs Elysées). Gedung2nya tua dan ter-urus, jembatan2 yang menhubungkan Paris rive gauche dan rive droite (dua sisi Paris yang di belah sungai Seine) smua arsitekturnya berbeda tapi hormoni dengan paris modern dan tua...... Paris juga punya museum2 nya yang wah separti Louvre dan Orsay dan museum art modern Beaubourg (Centre George Pompidou) dan taman2 nya yang dilandscape secara khas (i.e., teratur dan geometric bila dibanding taman2 Inggris misalnya) seperti Jardin de Luxembourg, Jardin de Tuilerie dan Parc Monceau. Paris lumayan besar, jadi gimana ya lihat smuanya yang menarik.


Di Paris memang ada bus untuk tourists (ticket laku 2 hari dan bisa naik turun smaunya), tapi cara yang paling baik untuk mengunjungi Paris adalah dengan jalan kaki !!! Atau sejak 2 tahun terakhir, dengan naik sepeda (Velib) !

Berjalan kaki memang tradisi paris...semua orang Paris banyak berjalan kaki (ke kantor, belanja atau jalan2). Pertama tama kita harus tahu dong gimana Paris itu di aturnya. Sejak diatur oleh Baron Haussman, Paris dibagi dalam 20 wilayah atau Arrondissements, mulai dari tengah (center, termasuk dua pulau yang ada di tengah sungai Seine) dan melebar secara melingkar untuk wilayah2 lain yang mengelilingi 4 arrondissements di tengah. Jadi, arrondissements 1, 2, 3 dan 4 di tengah, ke 5 mulai di bawah 4 dan seperti tangan jam melingkari arrondissements 1 sampai 4 dst (jadi arr. 6 sebelah kiri ke 5, ke 7 diatas ke 6 etc).

Arrondissement ke 1 (premier arrondissement) ada museum Louvre nya. Arrondissement ke 4 (namanya le Marais atau daerah rawa artinya, dulu kali ya ?!) adalah salah satu daerah yang paling menarik (dan tertua) di Paris. Disini ada Beaubourg, ada juga museum Picasso yang kecil dan banyak restaurants dan boutiques (salah satu daerah yang toko2nya buka hari Minggu.....Aneh kan, di Paris hampir smua toko2 tutup hari Minggu!). Paris 5 dan 6 (atau arrondissements ke 5 dan 6) ada universitas2 (yang dulu dikenal sebagai Sorbonne)ada juga Institut du Monde Arabe (Arab art dan kultur, Panthéon etc.

Kalo cape berjalan kaki banyak banget café2 di mana2 tentu aja. Tapi bisa juga ambil Métro (kereta bawah tanah). Harga satu ticket tuh 1 euros 60 cents. Tapi bisa beli carnet de tickets (10 tickets, harga diskon 11 euros 60 cents). Tickets ini laku juga di bus. Banyak rute bus dan memang naik bus kita bisa lebih lihat2 deh secara murah meriah. Coba rute 72 diambil dari Porte de St Cloud ke Hotel de Ville (Balai kota Paris)....rute nya sepanjang jalan di sebelah sungai Seine..jadi lewat Trocadero, Eiffeil Tower, Grand Palais, Concorde dan Louvre !!!

Atau, tentu saja kita bisa keliling dengan VELIB atau naik speda !!!
Dengan Velib (system rental speda di kota Paris) kita bisa ambil speda di satu statiun Velib dan mengembalikannya di tempat tujuan (banyak banget statiun velib di mana2). Kita harus abonemen. Dengan nomor abonemen kita (bisa pake kartu kredit)kita bisa ambil speda dan sewaan itu gratis untuk slama 30 menit (tapi abonemen nya bayar dong)....kalo lebih dari 30 menit, ya harus bayar. Kalo pinter ya ambil buat 30 menit, kembaliin, tunggu 5 menit dan ambil speda lagi ...nah itu gratis lagi selama 30 menit (Dan memang setelah ngedayuh 30 menit pengen istirahat kan...Jadi gratis berapa kali pun kau pinjem speda asal tiap kali ga lebih dari 30 menit!).
Walaupun Velib sangat praktis, harus hati2 juga: Patuhi peraturan lalu lintas, dan slalu ngalah deh ke mobil2 (supir2 Paris emang agressif)kan naik speda kita ga bisa menang ama mobil lol.

Ok, enjoy Paris, jalan kaki atau naik speda VELIB atau naik bus!

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire